54 ORANG TENAGA KESEHATAN PUSKESMAS CIDOLOG SELESAI DIVAKSIN SINOVAC

Hari ini senin tanggal 1 Pebruari 2020 seluruh tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas Cidolog Kabupaten Ciamis divaksin Sinovac yang mendapat kesempatan pertama divaksin adalah dr H, Uklaudin dan kesempatan berikutnya Kepala Puskesmas H ,Teten selanjutnya satu persatu tenaga kesehatan hingga seluruhnya mendapat giliran divaksin setelah menjalani serangkaian pemeriksaan ( scrining ), Vaksin Sinovac tiba di Puskesmas Cidolog pada hari Sabtu tanggal 30 Januari 2021 sebanyak 57 tube dan tenaga kesehatan yang divaksin sebanyak 54 orang sisanya sebagai cadangan, Kegiatan vaksinasi tenaga kesehatan Puskesmas Cidolog disaksikan oleh unsur Forkopincam Kecamatan Cidolog.

Camat Cidolog H,Otong Bustomi yang juga bertindak selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 mengungkapkan alasan kenapa tenaga kesehatan didahulukan mendapat giliran divaksin, mengingat :

  1. Mengikuti program pemerintah dalam upaya penanggulangan penyebaran virus corona-19 dan vaksinasi merupakan salahsatu upaya prepentif untuk menyekat penyebaran civid-19
  2. Tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam penanganan pandemi Covid-19 termasuk kelompok rentan terpapar covid-19 karena sehari hari bersentuhan dengan orang sakit dan tidak menutup kemungkinan diantaranya terpapar Corona Virus Deseases.
  3. Untuk memberikan rasa tenang kepada tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, tidak terlalu khawatir terhadap resiko profesinya.
  4. Memberikan contoh kepada masyarakat agar tidak merasa khawatir mendapat vaksin Sinovac dan sebagai pembuktian bahwa Vaksin Sinovac aman.

Camat Cidolog dalam sambutannya sebelum pelaksanaan vaksinasi nakes berpesan dan memberikan motivasi kepada nakes yang akan menjalani vaksinasi agar tetap tenang dan tidak panik dengan mengutip pernyataan seorang tokoh kesehatan Ibnu Sina bahwa ” Kepanikan adalah separuh dari penyakit, ketenangan adalah separuh dari obat, dan kesabaran adalah setengan dari kesembuhan …” selanjutnya Otong juga berpesan kepada warga masyarakat untuk tidak ragu dan khawatir untuk divaksin dan termakan isyu hoax tentang kegagalan dan bahaya vaksin sinovac, mengingat :

  1. Vaksin sinovac telah melalui serangkaian pengujian para ahli kesehatan dunia bahwa Vansin Sinovac aman untuk manusia.
  2. Vaksinasi dilaksanakan oleh tenaga terlatih dan profesional
  3. Seseorang yang dapat divaksin setelah menjalani serangkaian pemeriksaan ( scrining ) dan dinyatakan sehat dan layak untuk mendapat vaksinasi artinya tidak semua orang dapat divaksin.

Mengingat program vaksinasi merupakan salah satu upada pencegahan penularan covid-19 Camat Cidolog selalu berpesan kepada seluruh warga masyarakat untuk tetap berdisiplin mengikuti protokol kesehatan diantaranya melaksanakan 3 M.

Kontributor : by Mex

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *